Seba di Pendopo Lebak, Ribuan Warga Baduy Disambut di Terminal Aweh

Date:

Banten Hits – Sebanyak 1.839 ribu warga suku Baduy mulai memadati Alun-alun Ciboleger, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Jumat (13/4/2016). Ribuan warga berkumpul untuk mempersiapkan ritual Seba di Pendopo Bupati Lebak, Kota Rangkasbitung.

 

Ritual Seba sendiri ditandari dengan penyerahan hasil bumi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak yang diwakili Bupati Iti Octavia Jayabaya.

Khusus untuk sebagian warga Baduy dalam telah bergerak dengan berjalan kaki menuju Pusat Pemerintahan Kabupaten Lebak sejak pukul 05.00 WIB pagi tadi. Sementara, warga Baduy luar akan berangkat sekitar pukul 13.00 WIB.

Sebelum menggelar ritual Seba di Pendopo, ribuan warga Baduy akan terlebih dahulu berkumpul di Terminal Aweh untuk. Di sana akan dilakukan prosesi penyambutan oleh pihak Pemerintah Daerah bersama tim Fans Radio Multatuli FM.

“Ya sebelum menuju Pendopo, seluruh masyarakat Baduy terlebih dahulu akan berkumpul di Terminal Aweh untuk dilakukan penyambutan, dan sebelum semuanya berkumpul, warga Baduy tidak diperkenankan melintasi jembatan kampung Keong sebagai gerbang masuk pendopo, karena merupakan sebuah pantangan,” ungkap Asda IV Pemkab Lebak, Tajudin.

Sementara itu, Ketua RT Baduy luar, Omo menjelaskan, keberangkatan seluruh warga Baduy ke Pendopo Bupati LebaK merupakan sebuah ritual tahunan.

“Ritual Seba Baduy sudah sejak lama kita lakukan, Seba ini merupakan ritual wajib dengan mengunjungi ke Ibu Gede (Bupati-red) dengan membawa oleh-oleh berupa hasil bumi yang kita dapat,” ucapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...