id

Game Death Match Ala Buttman, Olahraganya Para Profesional

By  Mei 11, 2017 | 12:36
Suasana game "Death Match" yang digelar club air soft gun Buttman di Kawasan Taman Sari, Lippo Karawaci.(Banten Hits/ Yogi Triandono)

 

Para penembak runduk bersiaga di posisinya masing-masing. Mereka menggunakan rumput dan pepohonan untuk kamuflase. Musuh yang tak awas dengan suasana medan tempur pasti akan dengan mudah mereka lumpuhkan. Dorrr... Sebuah peluru melesat dari senapan penembak runduk. Musuh pun terjungkal.

Suasana perang di atas bukanlah perang sesungguhnya, melainkan sebuah olahraga permainan di sebuah hutan kota seluas 4,5 hektar di kawasan Taman Sari, Karawaci, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Dua kubu yang berperang adalah para anggota club air soft gun Buttman.

Meski ini hanya permainan, namun senjata dan seragam yang digunakan nyaris tak bisa dibedakan dengan senjata militer sesungguhnya. Siang itu, reporter Banten Hits Yogi Triandono dan Tifa Auliani berkesempatan mengikuti olahraga air soft gun yang digelar Buttman bertajuk "Death Match".

Game death match adalah sebuah game air soft gun, di mana pemain dinyatakan gugur jika sekali tertembak. Ada beberapa game lainnya yang bisa dimainkan seperti mengantarkan VIP atau membidik target diam dengan berbagai jarak. Permainan air soft gun ini sangatlah aman. 

Sonny Suciawan (34), Ketua Buttman mengatakan, sebelum permainan dimulai, tim yang bermain melakukan briefing terlebih dahulu terkait cara main, tema permainan, dan tidak lupa mengingatkan bahwa keselamatan merupakan hal yang utama.

"Sama-sama safety karena kan sebelum main kita ada briefing terlebih dahulu. Cara mainnya, jarak tembak dan lain sebagainya ditentukan. Jadi diutamakan keselamatan," kata sonny.

Jika dilihat sekilas, permainan air soft gun hampir sama dengan permainan senada seperti pain ball. Namun, bedanya permainan ini disimulasikan seperti perang sungguhan dengan senjata yang mirip dengan aslinya. Tidak heran jika pehobi tidak hanya membeli air soft gun untuk bermain tetapi juga untuk mengoleksi.

"Bedanya dengan permainan yang senada jika air soft itu lebih mirip senjata asli bentuknya. Beda seperti pain ball yang lebih kaya mainan. Makanya selain ada yang untuk main ada juga untuk koleksi buat gaya," terangnya.

Agar tidak disalahgunakan oleh pihak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mainan air soft gun bisa dibedakan dengan senjata asli. Salah satunya adalah ada garis berwarna jingga di ujung senjata air soft gun. Hal tersebut menandakan bahwa pistol tersebut merupakan pistol mainan.

"Agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang. Pastinya ada perbedaan air soft gun ini dengan senjata aslinya. Seperti di ujung pistolnya ada garis warna jingga itu menandakan bahwa senjata ini adalah mainan. Kita juga sudah kordinasi sama pihak berwajib juga," jelas Sonny.

Nah, bagi kalian yang ingin menikmati olahraga air soft gun, kalian bisa datang ke professional training ground di Taman Sari, Karawaci, Kabupaten Tangerang. Harga sewa tempat di sini cukup terjangkau kok. Kalian bisa menikmati wahana di sini hanya 50 ribu rupiah per 4 Jam. Professional training ground buka setiap hari. 

Ayo! Pacu adrenalin dan kemampuan menembak kalian di sini... (Rus)

 

Yogi Triandono

Pria asal Teluk Naga, Kabupaten Tangerang ini memulai karir jurnalistik di Banten Hits. Dia menekuni dunia jurnalistik sesuai disiplin ilmu yang diperoleh semasa kuliah di Universitas Budi Luhur. Yogi juga memiliki ketertarikan yang mendalam terhadap dunia seni dan sastra.