Berkas Paslon Syarief-Aep Ditolak, Pilkada Kabupaten Serang Terancam Ditunda

Date:

Banten Hits – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang terancam ditunda hingga tahun 2017. Hal tersebut menyusul setelah ditolaknya pasangan calon (paslon) Syarief Madzkurullah-Aep Saefullah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU RI Husni Kamil Malik beberapa saat sebelum pendaftaran Pilkada Kabupaten Serang 2015 ditutup. Husni yang meninjau kondisi pendaftaran mengatakan, salah satu syarat diselenggarakannya bursa Pemilihan Kepala Daerah adalah adanya minimal dua paslon. Jika tidak, maka pendaftaran akan dibuka ulang dari tanggal 1 sampai 3 Agustus 2015.

“Jika pendaftaran gelombang kedua tidak juga memenuhi syarat, maka terpaksa Pilkada ditunda sampai tahun 2017,” terang Husni kepada wartawan.

Untuk diketahui, KPU terpaksa menolak paslon Syarief-Aep. Paslon yang diusung partai Gerindra, Hanura, dan PBB tersebut datang ke kantor KPU di Jalan Ki Tapa No 33 Kota Serang, Selasa (28/7/2015) sekitar pukul 15.45 WIB. Padahal, pukul 16.00 WIB adalah waktu yang ditentukan sebagai batas waktu pendaftaran paslon sejak dibuka 26 Juli lalu.

KPU menolak Syarief-Aep karena adanya ketidaksesuaian antara data yang disampaikan Gerindra DPC Kabupaten Serang dengan data yang dimiliki KPU. Surat Keputusan (SK) pengurus Gerindra tidak sama dengan yang dikirim DPP Gerindra ke KPU Pusat, sehingga bertentangan dengan PKPU No 12.

Terkait hal tersebut, Eli Mulyadi salah satu timses paslon Syarief-Aep dari Partai Hanura mengatakan, meski pendaftaran ditolak, bukan berarti calon yang akan diusung partainya akan mundur.

“Hari ini ditolak bukan berarti kami akan mundur, persoalan ini hanya kesalahan teknis saja yang bisa diselesaikan,” jelasnya.

Diketahui juga, paslon Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa, menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Kabupaten Serang. Paslon ini diusung oleh 8 partai politik (parpol) diantaranya, PDI-Perjuangan, PKS, PPP, PKB, NasDem, Golkar, PAN dan Demokrat. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tok! KPU Tetapkan Airin-Benyamin Pemenang Pilkada Tangsel

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

KPU Tangsel Siap Hadapi Sidang Gugatan Pilkada di MK

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan...

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Tangsel, Ini Hasil Lengkapnya

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

Pleno KPU Tangsel Akan Banyak Dihujani Interupsi?

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...