Khawatir Berformalin, Disperindag Lebak Periksa Tahu di Pasar Rangkasbitung

Date:

Banten Hits – Jelang bulan puasa, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak gencar memeriksa bahan makanan yang dijual para pedagang.

Tak hanya di pasar tradisional, bahan makanan serta minuman yang dijual di supermaket dan minimarket di Kota Rangkasbitung juga tak luput dari pemeriksaan petugas.

BACA: Jelang Ramadan, Disperindag Lebak Temukan Mamin Tak Layak Konsumsi di Minimarket

Kini, pemeriksaan dilakukan oleh tim Disperindag terhadap tahu yang dijual para pedagang di Pasar Tradisional Rangkasbitung. Pemeriksaan terhadap makanan yang dibuat dari kedelai tersebut guna mengatisipasi dan memastikan salah satu makanan pengganti protein tersebut bebas dari formalin, dan bahan pengawet lain yang berbahaya saat dikonsumsi masyarakat.

Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengambil sejumlah tahu secara acak yang kemudian dibawa ke laboratorium milik Dinas Kesehatan setempat.

“Kita ambil sampel secara acak, dan diperiksa di laboratorium Dinas Kesehatan,” kata Kabid Perdagangan Disperindag Lebak, Orok Sukmana, Sabtu (28/5/2016).

BACA JUGA: Pemkab Lebak Siapkan Tenda Jajanan Ramadan

Orok menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk menghindari masyarakat dari bahan makanan berbahaya yang dijual oleh para pedagang.

“Kalau sudah di uji dan hasilnya negatif, kami juga juga tidak ingin merugikan pihak distributor dan pengecer, tentu akan langsung kami informasikan hasilnya kepada pedagang untuk bebas dijual ke masyarakat,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...