id

Warga Lebak Kepergok Bagikan Uang Sebelum Pencoblosan

By  Feb 17, 2017 | 13:49
Ilustrasi (Net)]

Lebak -  H (30) warga Kampung Kaum, Desa Malingping Utara, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak kepergok warga tengah membagikan uang kepada warga setempat yang diduga supaya mencoblos calon gubernur Banten pasangan nomor urut satu  Wahidin Halim (HW) - Andika Hazrumi.

 

Ketua Panwaslu Lebak Ade Jurkoni menjelaskan, pihaknya sudah menerima laporan terkait adanya unsur politik uang. Namun, kejadian tersebut bukan tangkap tangan, melainkan ada warga yang menyaksikan pelaku membagi-bagikan uang kepada warga yang diduga agar mencoblos pasangan WH-Andika, kemudian warga melaporkan peristiwa tersebut  ke Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) setempat.

"Kita terima laporan Rabu (15/2/2017) dugaan adanya money politik yang kemudian kita tindaklanjut dengan memproses laporan tersebut mengingat akan berurusan dengan pidana," kata Ade saat dikonfirmasi Banten Hits melalui sambungan telpon, Jumat (17/2/2017).

Ade mengatakan, pelaku tidak terdaftar sebagai tim pemenangan, relawan ataupun tim sukses, berdasarkan keterangan, kata Ade, pelaku adalah orang suruhan seorang yang ditugaskan untuk membagi-bagikan uang.

"Kita belum bisa mempublikasi soal identitas jelasnya, sebab dalam tahap pengembangan bersama polisi kita akan proses juga sesuai demgan aturan yang berlaku, karena terlapor mengakui membagikan uang namun dirinya hanya sebagai pesuruh saja,"jelasnya." imbuhnya.

Dalam kasus ini, selain mengamankan barang bukti berupa uang pecahan Rp. 10 ribu sebanyak 8 lembar, Panwaslu juga sudah memanggil dua orang saksi.

"Kita sudah periksa dua saksi. Kita koordinasi dengan polisi, Gakumdu dan berbagai pihak," tandasnya.(Ep)