id

WH Sebut Ada Upaya Mengintervensi Hasil Pilgub Banten di KPU

By  Feb 16, 2017 | 14:03
Wahidin Halim (Dok.Banten Hits)

Tangerang - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy unggul dalam hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei.

 

Selisih perolehan suara pasangan WH-Andika ini terpaut kurang dari 1 persen atau berada dalam kisaran margin of error hitung cepat dari rivalnya Rano Karno-Embay Mulya Syarief.

Karenanya, sejumlah lembaga survei seperti Indikator Politik Indonesia dan Indo Barometer memastikan tak bisa menentukan pemenang Pilgub Banten 2017. Mereka menyarankan menunggu hasil real count KPU Banten.

BACA JUGA : Indo Barometer: Quick Count Pilgub Banten Dimungkinkan Berbeda dengan Real Count KPU

Dalam siaran live TV One, Rabu (15/2/2017) petang, WH mengajak seluruh relawan, saksi, dan tim pemenangan pasangan WH-Andika mengawal proses penghitungan suara yang sedang dilakukan di KPU.

WH juga menyebutkan, pihaknya sudah menerima laporan ada indikasi mengintervensi KPU terkait hasil Pilgub Banten 2017.

"(Sudah diinstruksikan) para saksi dan tim pemenangan di lapangan malam ini untuk mengawasi jalannya pelaporan dan proses rapat-rapat dan sidang KPU," kata WH.

Hasil perolehan suara pasangan WH-Andika dan Rano-Embay yang terpaut tipis ini, diprediksi sejumlah kalangan termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla akan berujung di Mahkamah Konstitusi.

BACA JUGA: Hasil Pilkada Banten Diprediksi Dibawa ke MK

Hasil hitung cepat Indo Barometer pada pemilihan gubernur dan wakil  gubernur Provinsi  Banten 15 Februari 2017 menemukan, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy memperoleh suara sebesar 50.53% dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif memperoleh suara sebesar 49.47% dengan total suara masuk sebesar 100%.

"Surat suara tidak sah sebesar 2.76% dan tingkat partisipasi suara (Vote Turn Out) sebesar 62.5%," terang Direktur Eksekutif Indo barometer Muhammad Qodari lewat siaran pers yang diterima Banten Hits, Kamis (16/2/2017).

"Melihat hasil tersebut, pasangan calon Wahidin Halim–Andika Hazrumy dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif bersaing kuat dalam kisaran margin of error 1%. Selisih suara antara pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dengan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif sebesar 0.53%, sehingga belum bisa disimpulkan siapa pemenang pilkada provinsi Banten," tambahnya.(Rus)

Darussalam J. S

Memulai karir jurnalistik pada tahun 2003 di harian Fajar Banten (sekarang Kabar Banten, grup Pikiran Rakyat). Pernah bekerja di Global TV selama 2005-2013 dan di Info TV selama setahun. Darussalam juga pernah menerbitkan buku jurnalistik berjudul, "Korupsi Kebebasan, Kebebasan Terkorupsi". Kemudian dia mendirikan situs berita Banten Hits, 11 Februari 2013.

Ayoo Berlangganan Berita Kami