id

Indo Barometer: Quick Count Pilgub Banten Dimungkinkan Berbeda dengan Real Count KPU

By  Feb 16, 2017 | 13:41
(Dok.Banten Hits)

Tangerang - Salah satu lembaga survei yang melakukan hitung cepat di Pilgub Banten 2017, Indo Barometer memastikan tak bisa menentukan pemenang Pilgub Banten berdasarkan hitung cepat (quick count) yang sudah selesai 100 persen.

 

Hasil hitung cepat Indo Barometer pada pemilihan gubernur dan wakil  gubernur Provinsi  Banten 15 Februari 2017 menemukan, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy memperoleh suara sebesar 50.53% dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif memperoleh suara sebesar 49.47% dengan total suara masuk sebesar 100%.

"Surat suara tidak sah sebesar 2.76% dan tingkat partisipasi suara (Vote Turn Out) sebesar 62.5%," terang Direktur Eksekutif Indo barometer Muhammad Qodari lewat siaran pers yang diterima Banten Hits, Kamis (16/2/2017).

"Melihat hasil tersebut, pasangan calon Wahidin Halim–Andika Hazrumy dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif bersaing kuat dalam kisaran margin of error 1%. Selisih suara antara pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dengan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif sebesar 0.53%, sehingga belum bisa disimpulkan siapa pemenang pilkada provinsi Banten," tambahnya.

Qodari menambahkan, dengan selisih yang berada dalam kisaran margin of error 1% masih sangat memungkinkan hasilnya akan berbeda dengan hasil real count KPU Provinsi Banten.

"Untuk menentukan siapa pemenang pilkada Banten harus menunggu keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten," terangnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Mubtadi menegaskan, dua kandidat Pilgub Banten 2017 tak bisa mengklaim sebagai pemenang, menyusul selisih hasil hitung cepat (quick count) antara pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dengan Rano Karno-Embay Mulya Syarief di bawah ambang margin of erorr sebesar 1 persen.

"Melihat selisih hasil quick count di bawah satu persen, tak bisa ada yang mengklaim sebagai pemenang," kata Burhan dalam acara talk show program khusus Suara Rakyat TV One, Rabu (15/2/2017).

Pernyataan Burhanudin tersebut merespon klaim kubu Wahidin Halim yang menyatakan sebagai pemenang Pilgub Banten 2017 dengan menjadikan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

BACA JUGA: Selisih Quick Count di Bawah 1 %, Pemenang Pilgub Banten Tunggu Hitungan KPU

Dalam Pilgub Banten 2017 ini, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy didukung Partai Demokrat, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, PAN, dan Hanura. Sedangkan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif didukung oleh PDIP, PPP, dan Nasdem.

Quick count Indo Barometer dilaksanakan di 300 TPS sebagai sampel, dari 16.540 TPS yang tersebar di 8 kabupaten/kota di provinsi Banten. Total pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 7.955.282 orang. 

"Dengan jumlah sampel sebanyak 300 TPS, dihasilkan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar ± 1% pada tingkat kepercayaan (confidence level) sebesar 99%. Metode penarikan sample yaitu multistage random sampling," tutup Qodari.(Rus)

Darussalam J. S

Memulai karir jurnalistik pada tahun 2003 di harian Fajar Banten (sekarang Kabar Banten, grup Pikiran Rakyat). Pernah bekerja di Global TV selama 2005-2013 dan di Info TV selama setahun. Darussalam juga pernah menerbitkan buku jurnalistik berjudul, "Korupsi Kebebasan, Kebebasan Terkorupsi". Kemudian dia mendirikan situs berita Banten Hits, 11 Februari 2013.

Ayoo Berlangganan Berita Kami