id

Pleno Rekapitulasi Suara di Kecamatan Serang Terkendala, Ini Penyebabnya

By  Feb 17, 2017 | 18:58
Ketua PPK Serang Iip Fatrudin (Banten Hits/Memed)

Serang - Pleno Rekapitulasi suara pemilihan gubernur Banten tingkat Kecamatan Serang, Kota Serang, Jum'at (17/2/2017) sempat terkendala. Pasalnya, ada C1 yang berhologram seharusnya terpisah, namun malah dimasukan didalam kotak suara.

Namun, menurut Panitia Pemilihan Kecamatan hal tersebut bukanlah sesuatu yang sangat fatal dan tidak akan merubah perolehan suara masing-masing kedua pasangan calon. Kesalahan tersebut dikarenakan anggota KPPS yang masih kurang berpengalaman.

"Kendala-kendala sedikit terkait dengan substansi pemahaman KPPS saja, yang seharusnya surat suara dimasukan dikotak itu yang mana begitu, kaya tadi ya menurut kami bukan fatal sebetulnya cuman kekeliruan saja, C1 hologram yang dimasukan sampul terpisah tapi malah diberikan dikotak luar," ujar Ketua PPK Serang Iip Fatrudin.

Menurutnya, peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengharuskan prekrutan anggota KPPS diganti dengan anggota baru menjadi penyebab utama terkendalanya rekapitulasi. Iip mengaku kalau selama ini pihaknya sudah berupaya maksimal dengan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada seluruh KPPS.

"Dari KPU memang untuk sekarang ada perubahan sedikit terkait prekrutan KPPS, jadi KPPS ini mayoritas 99% baru, jadi tidak orang-orang lama," imbuhnya.(Ep)

 

Ayoo Berlangganan Berita Kami




KPU BANTEN 2017 360