Ungkap Kekhawatiran Kades Soal Dana Desa, Marwan: Jangan Takut, Enggak Ada Kriminalisasi

Date:

Banten Hits – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengakui, adanya kekhawatiran dari para Kepala Desa (Kades) saat menggunakan Dana Desa. Marwan juga mengungkapkan adanya upaya menakut-nakuti Kades, sehingga program yang seharusnya bisa berjalan lancar menjadi terhambat.

“Jangan takut gunakan Dana Desa. Justru Dana Desa ini untuk dibelanjakan untuk kelancaran program desa, dan membantu pembangunan nasional,” ujar Marwan di Tangerang, kemarin.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun menjamin, tidak akan ada kriminalisasi terhadap Kades yang memanfaatkan Dana Desa, sepanjang pengelolaan dan peruntukannya benar.

“Saya tegaskan jangan takut. Kapolri dan Kejaksaan Agung sudah membuat surat agar tidak ada kriminalisasi kepada Kades yang memakai Dana Desa. Bahkan, Kapolri sudah mengirimkan kepada seluruh Kapolres se-Indonesia untuk menahan diri saat menangani kasus yang bersinggungan dengan Kades,” papar Marwan.

Soal adanya kemungkinan terjadinya penyimpangan terhadap Dana Desa, Menteri Marwan menjelaskan bahwa sudah ada sistem pengawasan berlapis dan upaya-upaya yang bersifat preventif.

“Sudah ada BPKP yang tersebar di Desa-desa untuk penyiapan audit yang benar. Juga ada pendamping Desa dan Pemerintah Daerah yang ikut mengarahkan,” pungkasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related