Satlantas Polres Metro Tangerang Gelar Razia, Pintu Angkot harus Tertutup dan Tak Berkaca Gelap

Date:

Banten Hits – Satlantas Polres Metro Tangerang menggelar razia angkutan kota (angkot) yang memasang kaca gelap, yakni kaca yang dilapisi lebih dari 40 persen. Razia dilakukan di Terminal Cimone, Kota Tangerang, Senin (30/11/2015).

Wartawan Banten Hits Hendra Wibisana melaporkan, razia tersebut dalam rangka menegakkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Tata Tertib Berlalu lintas. Razia ini melibatkan institusi lain seperti Dishub Kota Tangerang dan Polisi Militer Tangerang. Petugas mencopot semua kaca film yang lebih dari 40 persen dari angkot di Terminal Cimone.

Meski ada sejumlah sopir angkot yang menolak untuk mencopot kaca film yang mereka pasang di angkotnya, petugas tetap melakukan pencopotan tanpa pandang bulu.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kompol Donny Eka Saputra mengatakan, dalam razia gabungan ini yang pertama disosialisasikan adalah penuntupan pintu mobil angkutan umum sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (LAJR).

“Dalam perturan itu, di mana setiap angkutan umum wajib menutup pintu angkutan. (Hal itu) yang sekarang kita sosilaisaikan terhadap sopir angkutan umum, supaya para penumpang pun aman dalam perjalanan dan tindak kejahatan,” ungkapnya.

Soal penertiban kaca gelap angkutan, kata Donny, penting dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di dalam angkutan umum. Kaca yang masuk kategori gelap adalah kaca yang dapat menghambat padangan orang dari luar angkutan.

“Ini juga mengantisipaasi tindak kejahatan. Seperti kita ketahui, banyak kejadian dalam angkutan umum. Oleh karena itu, kita lakukan penertiban bersama pihak terkait seperti Dishub Kota Tangerang, Organda, dan Polisi Militer,” jelasnya.

Donny berharap, melalui razia ini seluruh angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kota Tangerang bisa mematuhi tata tertib berlalu lintas sesuai ketentuan yang berlaku. Dijelaskan Donny, razia serupa akan digelar juga di terminal lainnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...