Metropolitan

Tangsel Minim Ruang Laktasi

Written by Riani on . Posted in Metropolitan

Banten Hits.com - Darma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang Selatan menyoroti minimnya fasilitas ruang laktasi atau ruang yang disediakan khusus bagi ibu untuk memberikan air susu ibu kepada anaknya di fasilitas umum dan perkantoran.

"Ruang laktasi wajib tersedia kantor kedinasan," kata ketua DWP kota Tangsel Tintin Dudung E Diredja, saat HUT DWP ke 14 di Puspiptek, Setu, Rabu (18/12).

Menurut Tintin, pemberian ASI eksklusif kepada bayi haruslah ditunjang dengan kebijakan, sarana dan prasarana yang mendukung. Pasalnya pemberian ASI itu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan bayi.

Untuk itu, Titin mengatakan, pemerintah daerah perlu mensosialisasikan dan mewajibkan tersedianya ruang laktasi di tempat publik, baik di instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta.

"Saat ini yang tersedia ruang menyusui hanya di beberapa kantor dinas saja. Seperti, Sekwan, sekda serta BP2T," ucapnya.

Ia mengkritisi soal masih sangat jarangnya keberadaan ruang laktasi di kantor kedinasan. Penyebabnya gara-gara sejumlah kantor kedinasan masih banyak yang ngontrak di ruko.

"Ruang laktasi wajib tersedia di semua tempat publik dan perusahaan yang memiliki tenaga kerja," ujarnya.

Tintin menegaskan, selain memang sudah keharusan, penyediaan ruang laktasi juga penting agar para ibu menyadari pentingnya ASI eksklusif  bayi dan memudahkan para ibu ketika menyusui bayi dengan nyaman, dimanapun ibu menyusui berada. "Penyediaan ruang laktasi merupakan bagian dari upaya meningkatkan pemberian ASI eksklusif kepada bayi," tandasnya. (Soed)

Share