Metropolitan

KPK Panggil Ketua KPU Lebak

Written by Ananda Deni on .

Banten Hits.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemanggilan terhadap Ketua KPU Lebak Agus Sutisna terkait dengan kasus dugaan suap Pemilukada Lebak yang melibatkan Tubagus Chaeri Wardana dan Akil Mohtar, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) saat itu.

Surat panggilan KPK untuk Ketua KPU Lebak tersebut bernomor: Spgl-4102/23/11/2013, yang ditandatangani Plt Direktur Penyidikan KPK. Di dalam surat dijelaskan, Agus diminta untuk menghadap penyidik guna didengarkan keterangannya sebagai saksi dalam tindak pidana korupsi dalam penanganan perkara sengketa Pemilukada Lebak 2013.

Terkait dengan pemanggilan itu, Agus Sutisna, Jum'at (15/11/2013), di Kantor KPU Lebak, Jalan RM Nata Atmaja, Rangkasbitung, mengaku siap untuk memenuhi panggilan dari komisi antirusuah pimpinan Abraham Samad itu.

"Ya siaplah dipanggil, dan tentu datang," kata Agus.

Terkait dengan kasus suap Akil Mohtar tersebut, KPK juga sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan terhadap calon bupati Lebak dari Partai Golkar yang juga Wakil Bupati Lebak Amir Hamzah.

Dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan pada 02 Oktober 2013, KPK menangkap Akil Mohtar, Susi Handayani, dan Tubagus Chaeri Wardana. Mereka diduga melakukan tindak pidana korupsi penyuapan terkait sengketa Pemilukada Lebak yang ditangani KPK.

Sehari sebelum penangkapan, MK yang kala itu dipimpin Akil Mohtar, memutuskan pemungutan suara ulang (PSU) untuk Kabupaten Lebak dan putusan Sela untuk Pemilukada Kota Tangerang. Pemohon dalam kasus sengketa Pemilukada Lebak dan Kota Tangerang, sama-sama berasal dari Partai Golkar, partai tempat Akil Mohtar berkiprah sebelum jadi Ketua MK.(Rus)

Share