Metropolitan

Akreditasi Baru Ilmu Komunikasi UNIS

Written by Rie Rihana on . Posted in Metropolitan

Banten Hits.com- Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmi Politik (FISIP) Universitas Islam (UNIS) Syekh Yusuf Tangerang, dalam waktu dekat ini akan segera memiliki akreditasi.

Penentuan akreditasi bagi Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNIS Tangerang ini, menyusul dilakukannya  Assessment Lapangan Strata I (S1) Prodi Ilmu Komunikasi di UNIS Tangerang, Senin (24/6/2013) oleh Tim Visitasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT).

Visitasi akreditasi Unis dilakukan oleh dua orang tim, yakni Walder E.Tinambunan dan Sunarto. Keduanya ditugaskan BAN-PT, lakukan visitasi untuk pemberian akreditasi Unis dengan melihat tujuh standar yang telah ditentukan secara nasional dalam pengajuan akreditasi jurusan.

"Ada tujuh standar yang ditetapkan. Pertama melihat visi misi tujuan dan strategi pencapaian, organisasi, sumber daya Mahasiswa, SDM pengelola, Kurikulum serta kemampuan pembiayaan dan penelitian pengabdian dan kerjasama," ujar Walder E.Tinambunan

Ketujuh standar tersebut berlaku secara nasional yang ditinjau oleh tim visitasi BAN-PT, diharapkan melalui kunjungan ini, semua kelengkapan dapat segera dipenuhi. Sehingga, pendidikan di Tangerang  ini, untuk komunikasi dapat dipenuhi.

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Sunarto, menurutnya secara keseluruhan untuk Program Studi Komunikasi seluruh Indonesia, saat ini sudah mencapai 243, dan salah satunya di Unis Tangerang. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan hasil dari kunjungan langsung ke Unis Tangerang, akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Pengumuman untuk Program Studi Ilmu Komunikasi Unis akan diumumkan paling lambat, tiga bulan lagi, dan hasil visitasi langsung ini akan diputuskan oleh Komisioner Badan Akreditasi Nasional setelah semua data diserahkan," ujar Rektor Universitas Mustopo ini.

Sementara itu, Rektor Unis Tangerang Mas Iman Kusnandar mengatakan visitasi ini tidak lain dalam rangka melakukan validasi data terhadap data akademik dan prsarana kampus untuk memperoleh akreditasi program studi ilmu komunikasi.

"Ada beberapa elemen yang menjadi penilaian asesor bagi program studi yang akan mendapatkan akreditasi.  Yaitu kurikulum, mutu dosen, prasarana kampus dan kerjasama dengan lembaga, baik dalam maupun luar negeri serta jaringan teknologi informasi," jelasnya.

Bila hingga 2014 semua berjalan baik, Jurusan Ilmu Komunikasi akan berkembang menjadi Fakultas Komunikasi. "Yang jelas akan membawa suasana lebih cepat dan maju di Tangerang. Bahkan tidak menutup kemungkinan Unis  juga akan membuka fakultas tehnik informastika," imbuhnya.(Rie)

Share