Kolaborasi Tiyadhita dengan Gambang Kromong, Bangkitkan Kesenian Betawi di Festival Cisadane

Date:

Banten Hits – Penampilan tim Marching Band Tiyadhita Kota Tangerang pada pembukaan Festival Cisadane 2016, Kota Tangerang, Sabtu (30/7/2016) mendapat acungan jempol warga.

Berkolaborasi dengan para seniman Gambang Kromong, puluhan anak muda ini berhasil membius masyarakat dengan alunan musik khas Betawi. Harmoni yang indah juga seolah membawa warga ke masa lalu, di saat Gambang Kromong berada pada masa keemasannya.

“Penampilan mereka sangat bagus, selain kompak mereka juga membawakan lagu-lagu yang bernuasa betawi yang dikolaborasikan dengan kesenian Gambang Kromong, kami seperti dibawa ke masa lalu, saat Gambang Kromong dalam masa keemasan,” kata Sujali Suhanda, salah seorang warga asal Cipondoh.

Penanggung jawab Marching Band Tiyadhita, Reza Palevha menjelaskan, kolaborasi dengan Gambang Kromong memang sengaja dilakukan untuk menampilkan sesuatu yang berbeda.

“Kali ini kita buat beda, selain membangkitkan kembali budaya kesenian Betawi, kita juga ingin anak anak mulai mencintai dan melestarikan lagu-lagu khas betawi,” kata pria yang bertugas di Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tangerang ini.

Reza mengaku, tak main-main untuk mempersiapkan anak asuhnya untuk tampil pada pembukaan Festival Cisadane tahun ini.

“Sejak 2 minggu yang lalu kita intens latihan. Kalau biasanya kita latihan di hari sabtu dan minggu, kali ini kita latihan setiap hari. Kalau ada pemain yang tidak punya ongkos, kita kasih ongkos,” ujar Reza berkelakar.

Latihan intens juga untuk menghadapi even berskala internasional pada Oktober mendatang.

“Ya, kita juga sedang mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi ajang internasional. Makanya, dari sekarang kami terus mengasah kedisiplinan dan kemampuan anak-anak,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...