id

Pilot Lion Air Tertangkap Nyabu, Dirjen Perhubungan Udara akan Tes Urine Air crew Lion

By  Des 07, 2017 | 14:05
Dirjen Perhubungan Udara, Agus santoso.(Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang - Insiden tertangkapnya pilot senior maskapai Lion Air yang mengkonsumsi narkoba di salah satu kamar hotel di Kota Kupang, Senin (4/12/2017). Membuat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara menginstruksikan untuk dilakukan pemeriksaan urine kepada seluruh pilot dan awak kabin maskapai Lion Air. 

 

Pemeriksaan tersebut dalam rangka penyempurnaan sampling yang dilakukan maskapai sehingga penerbangan di Indonesia lebih aman, demikian diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Udara, Agus santoso saat berkunjung ke Garuda Maintenance Facility (GMF), Tangerang, Kamis (7/12/2017). 

"Saya minta kepada pihak maskapai untuk menscreening pilot-pilotnya, saya minta dalam hal ini untuk disempurnakan samplingnya, karena yang dia pakai itu sampling region, karena hanya dilakukan di tempat-tempat yang riskan," jelasnya.

Padahal, lanjut Agus, kelakuan pilot di luar harus juga terkontrol agar tidak ada lagi pilot yang membahayakan dirinya serta penerbangan. 

"Secara profesional pilot memenuhi ketentuan, tapi di luar itu kelakuan yang bersangkutan seperti itu. Oleh karena itu sekarang saya tekankan untuk seratus persen air crewnya diperiksa. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada para penumpang," ujarnya. 

Disinggung soal pencabutan lisensi, ia menjelaskan akan menunggu hasil dari BNN.

"Nantinya apakah hasilnya recovery atau tidak, setelah itu baru kemudian kami putuskan untuk mencabut lisensinya atau tidak. Tapi untuk sekarang sudah kami lakukan unfit kepada yang bersangkutan," imbuhnya.(Zie)

Maya Aulia A

Perempuan supel kelahiran Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini memiliki talenta mengajar sesuai bidang kuliahnya di Universitas Negeri Jakarta. Bergabung di Banten Hits adalah karir perdananya di bidang jurnalistik.