id

Hina Jokowi di Facebook, Warga Pamulang Ditangkap Polisi

By  Des 05, 2017 | 11:16
(Istimewa)

Tangsel - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri mengamankan seorang pria yang diduga menyebarkan penghinaa terhadap presiden Joko Widodo (Jokowi). Pria tersebut diketahui bernama Cahyo Gumilar (40).

 

Cahyo yang diamankan polisi di kediamannya d Perum Pamulang 2, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) itu, memposting meme penghinaan melalui Facebook miliknya. Dalam foto tersebut terlihat, seorang pria berbaju putih lengkap dengan peci memegang senapan laras panjang.

 Di sampingnya pria berbaju putih itu terlihat seseorang yang berpakaian serba hitam dengan penutup kepala mengacungkan belati sembari memegang baju pria berbaret merah dengan wajah Jokowi.

"Akun ini berisi pengancaman dan menakut-nakuti, SARA serta penghinaan terhadap lembaga negara. Pelaku ditangkap di Perum Pamulang 2, Tangerang Selatan," kata Wakabareskrim Irjen Antam Novambar kepada wartawan, Selasa (5/12/2017).

Di Facebooknya, Cahyo memposting meme dengan caption "Jadilah Muslim yang Berani Melawan Penguasa Dzalim".

Telah dilakukan penggeledahan di rumah pelaku dan dilakukan penyitaan barang-barang yang diduga terkait dengan tindak pidana yang disaksikan oleh ketua RT setempat bersama saksi lainnya.

Yang disita adalah HP Vico, laptop merek Toshiba, hardisk merek Toshiba, handycammerk Sony, sebuah kamera digital merk Samsung, sebuah pedang, dan sebuah bendera Tauhid warna hitam.

"Hasil interograsi sementara di lokasi Cahyo mengakui seluruh perbuatannya. Dia yang telah mengedit seluruh foto dan mengunggahnya di akun Facebook miliknya," jelasnya.

Pelaku dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) Jo 28 ayat (2) dan/atau Pasal 45B Jo Pasal 29 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 207 KUHP.(Zie)

Ahmad Ramdzy

Memulai karir jurnalistik di situs berita Banten Hits. Dia pernah menjadi pelatih futsal di sejumlah sekolah menenangah atas di Tangerang. Dia memiliki minat mengajar sesuai bidang studi semasa kuliah dulu.