Jaga Kelestarian Lingkungan, Sinar Mas Land Tanam dan Bagikan 1.000 Batang Pohon

Date:

Tangerang – Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk menanam dan membagikan 1.000 batang pohon kepada masyarakat. Kegiatan penanaman pohon dipusatkan di Kawasan Vanya Park BSD City, Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/11).

Penanaman pohon merupakan salah satu program Corporate Social Responsibilty (CSR) Sinar Mas Land di bidang pelestarian lingkungan. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang dilaksanakan setiap Desember.

Kegiatan yang mengusung tema “One Tree for A Million Hopes” tersebut dihadiri istri Bupati Tangerang Yuli Iskandar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang Syaefullah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik dan pimpinan Sinar Mas Land serta sejumlah pengurus organisasi kemasyarakatan (ormas), penggiat lingkungan dan ratusan pelajar.

“Pemilihan tema ‘One Tree for A Million Hopes’ didasarkan pemikiran bahwa jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka setiap satu pohon yang ditanam akan menumbuhkan jutaan harapan baru bagi kelangsungan masa depan generasi Indonesia. Karena itu, sudah saatnya upaya menanam pohon dilaksanakan dengan terencana dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Direktur PT BSD Tbk Syukur Lawigena dalam siaran pers yang diterima Banten Hits, Kamis (30/11).

Dia menjelaskan, gerakan menanam pohon yang masif merupakan upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Selain itu penghijauan dapat mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas CO2 dan polutan lainnya, mencegah banjir, kekeringan, dan tanah longsor, serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman penghijauan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa (mindset) yang melekat pada kehidupan sehari-hari.

“Ibu Yuli Iskandar beserta SKPD bersama pemuda-pemudi dari sejumlah ormasdan ratusan pelajar terlibat dalam penanaman pohon. Kami bagikan juga ratusan bibit pohon kepada masyarakat untuk ditanam di lingkungannya,” ujarnya.

Sejumlah kegiatan dalam upaya merealisasikan program CSR lingkungan telah dilakukan Sinar Mas Land. Kegiatan yang rutin diselenggarakan di antaranya; Festival Hijau, yaitu upaya Sinar Mas Land dalam mengkampanyekan, menginisiasi, melatih, membina, gerakan moral, penghargaan, dan promosi, terhadap semua aspek lingkungan hidup.

Kegiatan yang sudah dilakukan sejak tahun 2004 tersebut melibatkan unsur birokrasi, komunitas, ormas, dan seluruh komponen masyarakat. Selain itu, Sinar Mas Land telah melakukan sosialisasi komposting kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Sosialisasi komposting merupakan program mengajak masyarakat mengelola sampah organik menjadi kompos yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk alami bagi rumah tangga. Kegiatan berupa membangun areal komposting, pelatihan, kampanye, dan inisiasi.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....