Ini Empat Wilayah Rawan Penggunaan Bom Ikan di Banten

Date:

Cilegon – Empat wilayah di Banten ditandai warna hitam sebagai tanda kerawanan terhadap penggunaan bom ikan. Keempat wilayah itu yakni Sumur dan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Binuangeun, Kabupaten Lebak, dan Kronjo di Kabupaten Tangerang.

 

Para nelayan yang berada di empat wilayah itu masih banyak yang menggunakan bom ikan. Namun, penggunaannya sembunyi-sembunyi tergantung situasi. Jika situasi menguntungkan nelayan untuk mendapatkan tangkapan ikan lebih banyak, mereka akan pakai.

‎”Jadi untuk penggunaan bom ikan itu mereka sembunyi-sembunyi ya, mereka itu pinter melihat situasi, kayak pas lagi musim ikan kira-kira situasinya aman dia pake, kalau situasinya kurang dibom pun malah rugi ya dia nggak pake. Situasional gitu,”‎ kata Kasubdit Gakkum Ditpolairuda Polda Banten AKBP Tri Pangungko, Senin (13/11/2017).

Tri menjelaskan lebih lanjut, bahan-bahan pembuatan bom yang digunakan oleh para nelayan tersebut berasal dari pemasok yang diketahui berada di luar provinsi Banten.

“Kalau bahan itu mereka pesan. Jadi kalau untuk di wilayah Banten itu pemasoknya belum ada. Pemasoknya rata-rata dari luar, dari Indramayu, terus dari Jakarta, Tangerang. Pemasok bahannya dari luar, setelah itu diracik oleh orang-orang sini,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya dalam hal ini Ditpoliruda Polda Banten telah berhasil mengungkap sebanyak 12 kasus penggunaan bom ikan selama tahun 2017.

“Biasanya yang berurusan mulai dari nelayan hingga pemasok bahan-bahan bom ikan.” ungkapnya

Saat disinggung pasal yang menjerat para pelaku bom ikan itu, Tri menegaskan bahwa pelaku pelaku baik pemasok atau pemakai bom ikan dijerat dengan Undang-undang Darurat Nomor 20 tahun 1951 tentang Kepemilikan Bahan Peledan dengan ancaman kurungan 20 tahun penjara.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...