PKS Lebak Berharap Budaya Membaca Kitab Kuning Tidak Luntur

Date:

Lebak – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak menggelar perlombaan membaca kitab kuning yang diikuti oleh 25 santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes). Adapun kitab kuning yang menjadi materi adalah Kitab Fathul Mu’in karangan Syekh Zainudin Al-Malibari.

Ketua DPD PKS Lebak Dian Wahyudi mengatakan, perlombaan membaca kitab kuning ini merupakan upaya dalam menjaga dan melestarikan budaya membaca kitab kuning agar tidak luntur seiring dengan perkembangan zama.

“Kita berharap ada regenerasi pembaca kitab kuning, khususnya di Kabupaten Lebak,” ujar Dian, di Kantor DPD PKS Lebak, Rabu (11/10/2017).

Menurutnya, minat membaca dan memahami kitab kuning dewasa ini mulai pudar, terutama di kalangan anak muda. Sehingga, diperlukan upaya agar tradisi membaca kitab kuning ini tetap terjaga.

Selain itu, tujuan perlombaan tersebut juga untuk mencetak santri yang berwawasan dan visioner serta sebagai bentuk apresiasi PKS terhadap karya dari para ulama besar sebagai rujukan kajian keilmuan Islam dalam berbagai hal.

Ahmad Baehaki dari Ponpes Ariyadul Hasanah, Sajira menjadi juara pertama dan Sirojudin dari Ponpes Riyadul Muslimkn menjadi juara kedua dalam perlombaan tersebut.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...