Command Center Pandeglang Siap Diluncurkan, Belasan Aplikasi Disiapkan

Date:

Pandeglang – Ruang pengendali informasi atau command center milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang memasuki tahap akhir pengerjaan.

Pantauan Banten Hits, pengerjaan hanya tinggal interior, pemasangan instalasi jaringan video wall dan perangkat komputer yang akan digunakan oleh operator.

Kabid Telematika Diskomsantik Pandeglang Tubagus Nandar Suptandar mengatakan, command center telah mencapai 85%. Lebih dari sepuluh aplikasi disiapkan untuk memudahkan pemerintah memantau kinerja SKPD.

“Target diresmikan pada HUT RI ke-72,” kata Nandar saat meninjau pengerjaan command center, di gedung Setda Pandeglang, Rabu (9/8/2017).

Pemkab juga telah menyiapkan satu aplikasi khusus yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan masalah terkait pelayanan publik yang langsung ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

“Aplikasi analis sosial bagi masyarakat nantinya akan jadi bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan pimpinan daerah. Sehingga masyarakat bisa mengadukan kepada pemerintah terkait berbagai persoalan, salah satunya infrastruktur,” jelas Nandar.

“Pengaduan harus secara real time online dan yang mengadukan tidak boleh asal-asalan. Itu harus di foto dan nanti koordinat yang melaporkan akan diketahui betul apa tidak yang melaporkan ada di lokasi. Kalau itu tidak sesuai akan tertolak laporannya,” terang Nandar.

Command center akan dikendalikan oleh enam operator dari Satpol PP, dishub, BPBD, diskomsantik, PUPR, dan dinkes. Sebelum diluncurkan, simulasi akan dilakukan pada Senin (14/8).(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...