id

Wahidin Buka Ruang Bagi Masyarakat Sampaikan Ide dan Gagasan

By  Mei 19, 2017 | 18:07
Wahidin Halim (kiri). (Foto: Tim Liputan Humas Pemprov Banten)

Serang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk turut berkontribusi menyumbangkan ide, pemikiran dan gagasan dalam membangun Provinsi Banten.

"Saya tantang apa yang ada dibenak kalian (masyarakat-red) untuk membangun Banten. Banten milik kita bersama dan mari membangunan Banten," kata Gubernur Banten Wahidin Halim saat raker Dewan Riset Daerah (DRD), di Aula Bappeda Banten, KP3B, Kota Serang, Jumat (19/5/2017).

Gubernur yang akrab disapa WH ini menilai, Banten memiliki banyak SDM berkualitas yang seharusnya melalui ide dan gagasannya mampu membawa kebermanfaatan untuk pembangunan.

"Orang Banten itu pintar-pintar, banyak doktor, profesor, ahli teknologi, sosiolog, kriminolog, ahli di bidang kedokteran, insinyur, (semua) luar biasa. Potensi ini yang belum dikelola," ujarnya.

Dengan sumber daya yang dimiliki Provinsi Banten, pemerintah daerah bisa bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

"Kita bisa bermitra. Kandungan SDM dan alam yang luar biasa di Banten ini harus dikelola bersama," jelasnya.

Mantan wali kota Tangerang ini mengaku, masih banyak menemukan masyarakat yang masih sangat sulit mendapatkan akses pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

“Tadi malam saya ke rumah sakit (RSUD Banten-red), hanya keliling saja tidak ada maksud apa-apa, tapi ternyata saya merasa negara belum hadir untuk masyarakat," tuturnya.

WH mengaku bersama wakilnya Andika Hazrumy tengan menyusun konsep untuk ditungkan dalam RPJMD, KUA-PPAS, dan RKPD. Ia meminta masukan dan dukungan dari DRD.

"Kita akan gerakan semua unit kerja untuk melaksanakan program dan kebijakan ini. Target lima tahun kita akan buktikan, karena janji kita akan ditagih oleh rakyat. Saya berharap, DRD bisa memberikan kontribusi nyata melalu pemikiran-pemikirannya," paparnya.

Ketua DRD Banten M.A Tihami menyatakan kesiapannya memberikan masukan kepada Pemprov Banten dalam menyusun arah, prioritas serta kerangka kebijakan dibidang Iptek.

“Tentu kami siap memberikan sumbangsih ide-ide untuk Banten lebih baik," imbuhnya.(Nda)