SAKIP Pemkot Tangerang Buruk, Sejajar Serang dan Pandeglang

Date:

Pandeglang – Hasil penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang mendapatkan penilaian cukup tidak hanya Kabupaten Pandeglang, Hasil laporan masuk dalam kategori buruk itu juga diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dan Kota Tangerang. 

Bagian Analis Evaluasi dan Pelaporan, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, Kemenpan RB Ummu Nur Hanifah berharap ketiga daerah tersebut mendapatkan nilai B pada tahun ini.

“Kami berharap Pemkab Pandeglang Pemerintah Kota Serang Serta Tangerang bisa mendapat nilai B di tahun ini,. Jika semua Konsisten maka kami yakin semua akan tercapai,” kata Nur dalam kegatan bimibingan penyusunan SAKIP di Wisma PKPRI Pandeglang, Senin (20/3/2017).

Nur menyebutkan,  ada lima komponen penilaian SAKIP dari Kemenpan RB  dalam sisi perencanaan di antaranya pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal yang dilakukan inspektorat, dan pencapaian kinerja.

“Seluruh dokumen yang diminta memang terpenuhi, akan tetapi kualitasnya yang belum baik. Sedangkan yang kami kejar yaitu sisi kualitasnya,” katanya.

Nur menambahkan, dokumen SAKIP dari masing-masing SKPD dikumpulkan dan akan dilakukan penilaian Kemenpan RB. Jika tidak sesuai dengan lima komponen tersebut, maka Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah disusun berpotensi direvisi.

“Kami menargetkan, penilaian dokumen SAKIP dari masing-masing SKPD harus selesai dalam waktu 6 bulan, Karena Kami menekankan agar penilaian SAKIP Pandeglang tahun 2017, dapat naik tingkat menjadi nilai baik (B),” jelasnya.(Ep)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...