Pemkab Pandeglang Pastikan Tak ada Bantuan Bagi Keluarga Bocah Pemilik Kelamin Ganda

Date:

Pandeglang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang belum bisa memastikan Buchori (7) anak pertama Iti Marsiti (37) warga Kampung Gayong, Desa Bojongmanik, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang memiliki kelamin ganda. Jika benar memiliki kelamin ganda, Dinkes menyarankan Buchori untuk segera dirujuk ke rumah sakit. 

“Saya belum tahu pasti indikasi medis yang di alami Buchori, karena informasi yang saya dapat, itu bukan kelainan kelamin. kalau memang itu benar maka harus dirujuk ke rumah sakit umum,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Indah Dinarsiani, Jumat (17/3/2017).

Indah, memastikan pemkab hanya menanggung penangan pasien, namun tidak dapat memberikan bantuan akomodasi kepada keluarga pasien selama dirumah sakit, jika Buchori telah mendapatkan penangan medis.

“Tidak ada bantuan untuk keluarga pasien. Pemerintah hanya menanggung untuk pasiennya saja,” terang Indah.

“Kami sudah mencari pihak-pihak yang dapat menyatakan bahwa itu bisa ditanggung oleh Pemda, namun tidak ada. Mungkin bisa mengandalkan dari gerakan sosial masyarakat,” tambah Kepala Dinas Lingkungan Lidup Ini.

Persoalan biaya selama  dirumah sakit dikeluhkan orang tua Buchori. Iti hanya bisa pasrah dan berharap dengan keadaan ekonomi yang serba pas-pasan, Buchori bisa normal sebagai anak laki-laki pada umumnya.

BACA JUGA: DPRD Pandeglang Minta Dinkes Segera Tangani Bocah 7 Tahun Berkelamin Ganda

“Kalau diperiksa aja emang gratis pakai KIS. Tapi yang saya tidak sanggup biaya sehari-hari kalau dirawat,” lirihnya.(Ep)

 

 

 

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...