Siswa di Tangsel Diajarkan Memelihara Lingkungan

Date:

Tangsel – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) di Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti kemah hijau (green camp) di Sekolah Hikari, Kecamatan Setu, Tangsel, 18-19 Februari 2017.

Kemah hijau merupakan kegiatan yang diselenggarakan antara Indonesian Education Promoting Foundation (IEPF) dan Yayasan Semarak Pendidikan Indonesia (YSPI), bersama Hikari dan didukung Environmental Restoration and Conservation Agency (ERCA) serta Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Ketua pelaksana, Billy Rizky Aditya mengatakan, kemah hijau bertujuan menumbuhkan kesadaran dan kepekaan anak-anak terhadap permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan dan pembangunan.

Melalui kegiatan tersebut, anak-anak juga diberikan pengalaman dan pemahaman dasar tentang apa saja yang diperlukan untuk memelihara lingkungan yang berkelanjutan.

“Anak-anak dapat menumbuhkan perasaan dan sikap peduli dengan sesama manusia dan lingkungan, serta mengembangkan keterampilan dasar untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan menyelesaikan masalah lingkungan,” tutur Billy. 

“Harapannya, mereka bisa mempelajari dan merasakan secara langsung, tidak hanya teori dalam kelas tetapi turun langsung ke lapangan. Sehingga, siswa benar-benar mengerti dan mau untuk menjaga lingungan di sekitarnya,” tambahnya.

Selain diajarkan bagaimana cara memelihara lingkungan, para siswa juga diberikan pengetahuan tentang peta bahaya dan pemahaman tentang penanggulangan bencana.

“Melalui hazard map, anak-anak juga dapat mempelajari tentang penanggulangan bencana. Jadi, mereka sudah tahu bagaiamana tindakan yang harus dilakukan jika terjadi bencana,” terangnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related