id

Kuota Haji Kabupaten Lebak Bertambah 120 Orang

By  Feb 16, 2017 | 12:52
Jemaah haji asal Pandeglang saat mendengarkan arahan dari Bupati Irna Narulita di pendopo bupati. (Dok. Banten Hits)

Lebak - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak masih menunggu Putusan Menteri Agama (PMA) terkait penambahan kuota haji tahun 2017. Dengan putusan tersebut, kuota haji di Kabupaten Lebak akan bertambah 120 orang.

Kasi Haji Kemenag Lebak, Ahmad Tohawi kepada Banten Hits, Kamis (16/2/2017) mengatakan, dengan penambahan kuota tersebut, jemaah haji asal Lebak yang berangkat ke tanah suci sebanyak 486 jemaah.

"Kita harap segera keluar PMA-nya agar antrean jemaah haji bisa terus ditekan," kata Tohawi.

Ia menjelaskan, jemaah yang akan berangkat pada tahun ini adalah jemaah yang telah mendaftar pada bulan April-Agustus 2011. Daftar tunggu hingga bulan September 2011 akan bisa terpangkas dengan penambahan kuota tersebut.

"Jadi, kalau daftar tahun ini, baru bisa berangkat pada 21 tahun kemduian. Hingga bulan Januari, antreannya mencapai 8.800 orang,"jelasnya.

Akan tetapi jkata Tohawi, ada perlakuan khusus bagi jemaah lanjut usia (lansia). Namun demikian, berapa yang disetujui menjadi kewenangan kantor wilayah provonsi.

"Tetap saja kuotanya terbatas, misalnya mengajukan 40 jemaah paling yang disetujui oleh Kemenag Banten hanya 10 ," tuturanya. 

Dirinya menyarankan, para calon jemaah haji yang sudah mendaftar untuk lebih mempersiapkan diri dengan membekali ilmu dan pengetahuan tentang tata cara haji sebelum nantinya diberikan bimbingan dari kemenag.

"Belajar ke orang yang berpengalaman, kiyai atau ustaz agar saat berangkat sudah punya ilmu yang matang, dan yang penting juga adalah menjaga kesehatan,". (Ep)

DESAIN HUT KOTA CILEGON APRIL 2017

Ayoo Berlangganan Berita Kami