id

KNPA Praperadilankan Polres Pandeglang terkait Rusuh Mayora Grup

By  Feb 13, 2017 | 20:31
Bangunan milik PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora grup) yang dirusak warga (Dok.Banten Hits)

Serang - Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) menuntut Polres Pandeglang agar segera membebaskan tiga orang warga Cadasari, Kabupaten Pandeglang dan warga Baros, Kabupaten Serang yang dijadikan tersangka dalam kasus perusakan dan pembakaran Kantor PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Grup) yang saat ini ditahan di Polda Banten.

Carlos F Silalahi, Ketua Aliasi KNPA meminta kepada pihak Polda Banten dan Polres Pandeglang untuk segera menghentikan anggotanya yang melakukan sweeping terhadap warga. 

"Kami meminta kepada kepolisian agar menghentikan tindakan penyisiran yang dilakukan ke rumah-rumah warga sehingga meninggalkan teror dan ketakutan di kalangan warga," kata Carlos saat dihubungi Banten Hits, Senin (13/2/2017).

KNPA juga menuding kalau pada saat penangkapan tiga warga pihak kepolisian tidak sesuai dengan prosedur, untuk itu pihaknya akan mengajukan upaya pra peradilan.

"Kita akan ajukan pra peradilan sebagai upaya hukum atas tindakan penangkapan, pemeriksaan, penahanan dan penggeledahan yang tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujarnya Carlos.

KNPA meminta kepada pihak Polda Banten dan Polres Pandeglang untuk segera memproses tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) yang dianggap telah merampas hak-hak agraria warga Cadasari - Baros. PT Tirta Fresindo Jaya dan menghormati surat Bupati Pandeglang ( Erwan Kurtubi) No. 0454/1669-BPPT/ 2014 tertanggal 21 November 2014 perihal penghentian kegiatan investasi PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group).

"Kepada Bupati Pandeglang (Irna Narulita) dan Jajaran SKPD terkait Pemda Pandeglang untuk segera dapat mengambil langkah -langkah guna menghentikan kegiatan PT. Tirta Fresindo Jaya," pintanya.

Selain KNPA ada beberapa Aliansi yang akan meminta tiga warga tersebut dibebaskan. Diantaranya, Aliansi Tolak Privatisasi Air- KPA - WALHI - LBH Rakyat Banten (LBH RB), Bina Desa - AGRA - IHCS - SAINS - KRuHA – Jaka Tani - SPDD – LHB KJR – LBH MA – FPPI – STN Banten – UMC – Sabda Alam.(Zie)

Ayoo Berlangganan Berita Kami




PAJAK TANGSEL
Lazada Indonesia