Manfaatkan Jampersal, Ibu Hamil Didorong Periksa Kandungan ke Puskesmas

Date:

Banten Hits – Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan layanan kesehatan yang diberikan oleh Program Jaminan Persalinan (Jampersal). Proses persalinan akan dijamin oleh Jampersal jika ibu hamil selalu rutin memeriksakan kandungannya ke puskemas maupun bidan desa setempat.

 

“Banyak ibu hamil yang justru memerisakan kandungannya ke dokter. Padahal, ada puskesmas dan juga bidan desa,” kata Zaenal, Kepala Desa Giri Mukti, Kecamatan Cimarga, Lebak di sela-sela sosialisasi Jampersal, Senin (9/1/2017).

Menurutnya, banyaknya masyarakat yang memilih memeriksakan kandungannya ke dokter membuat penggunaan program ini tak banyak diketahui oleh masyarakat.

“Kita gandeng puskesmas untuk mensosialisasikan agar ibu hamil mendapat kemudahan administrasi saat proses persalinan, dan program ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” terang Zaenal.

Tati salah satu bidan desa di Puskesmas Cimarga menerangkan, Jampersal akan menjamin proses persalinan jika ibu hamil melakukan proses persalinannya di puskesmas.

“Jampersal berlaku untuk ibu hamil yang rutin memeriksa kandungannya ke puskesmas atau ke bidan desa. Jadi, ketika waktu persalinan Jampersal akan menjamin dengan catatan persalinan normal,” ujarnya.

Sementara itu, Neneng, salah seorang warga Babakan mengaku, setelah mengikuti sosialisasi tersebut, ia akan rutin memeriksa kandungannya ke puskesmas.

“Biar mudah dan terjamin saat persalinan,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...