id

Disnaker Periksa Manajemen PT RCA Terkait Laka Kerja di PT Krakatau Posco

By  Jan 07, 2017 | 11:39
Penyidik Disnaker Banten memeriksa manajemen PT Royal Cilegon Abadi terkait tewasnya Iskal saat bekerja di Area Continous Casting Steel Making Plan (SMP) PT Krakatau Posco. (Banten Hits/ Iyus Lesmana)

Banten Hits - Iskal Muntaqo (sebelumnya ditulis Muhamad Iscal) tewas setelah terjatuh dari Area Continous Casting Steel Making Plan (SMP) PT Krakatau Posco, Kamis (5/1/2017).

 

BACA JUGA: Muhamad Iscal Tewas Setelah Jatuh dari Atap SMP Krakatau Posco

Terkait dengan kecelakaan yang menewaskan pemuda 25 tahun asal Babakan Seri, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Cilegon tersebut. Penyidik Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Banten memeriksa pihak manajemen PT Royal Cilegon Abadi (RCA), yang merupakan vendor PT Krakatau Posco (KP).

Pemeriksaan tersebut guna mendapatkan informasi dari tempat Iskal bekerja terkait dengan kecelakaan tersebut.

"Korban jatuh dari ketinggian 30 meter saat memasang atas bersama 12 orang pekerja lain. Dan dalam waktu dekat, kita akan periksa saksi-saksi lainnya," ujar Rachmatullah, Jumat (6/1/2017).

Pemeriksaan kata dia, tak hanya untuk mengetahui kronologis peristiwa tersebut. Namun, pihaknya ingin memastikan jika hak-hak Iskal sudah dipenuhi oleh PT RCA.

"Kita tanya apa hak-hak sudah dipenuhi oleh perusahaan," ucapnya.

Direktur PT RCA Suparno mengaku, langsung mengurus hak yang didapat Iskal kepada pihak keluarga.

“Setiap hak-hak almarhum kami langsung penuhi. Saat ini kita baru berikan bantuan belasungkawa, hak gaji dan santunan kecelakaan kepada keluarga korban,” akunya.

Suparno memastikan, sebelum melakukan pekerjaan, perusahaan selalu melakukan persiapan secara teliti kepada para karyawan.

"Kejadian ini musibah. Perusahaan melalui safety officer terus melakukan briefing sebelum memulai pekerjaan. Termasuk alat safety,” pungkasnya.(Nda)

Iyus Lesmana

Pernah bekerja untuk sejumlah stasiun televisi nasional dan internasional seperti Global TV dan BBC News. Pengalaman luar biasa yang pernah dialaminya ketika membuat laporan untuk BBC News di laut lepas Selat Sunda terkait imigran gelap. Bergabung di situs berita Banten Hits sejak 2013.

Ayoo Berlangganan Berita Kami