Pemuda Tani Dituntut Berkomitmen Wujudkan Kedaulatan Pangan

Date:

Banten Hits – Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia, Farry Prancis menekankan, kehadiran pemuda tani diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani Banten.

“Mempunyai program kerja yang baik dan aplikatif agar mampu meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Farry, di Tangerang, belum lama ini.

Menurutnya, tak cukup pada mensejahterakan para petani, pemuda tani juga dituntut berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Beberapa hal sambung Farry harus dilakukan. Salah satunya, menciptakan produk unggulan pada setiap tahunnya serta membangun kemitraan yang sinergi dengan multi-stakeholder.

“Dan, pemuda tani harus punya pusat pelatihan tani sebagai wadah menungkan ide dan berinovasi,” jelas pria yang menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR RI ini.

Farry menambahkan, belum sepenuhnya Indonesia berdaulat di bidang pangan tentu harus menjadi motivasi untuk berkontribusi mewujudkan kedaulatan pangan.

“Kedelai misalnya, kita masih bergantung pada negara lain karena produksi nasional belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat. Bahkan gandum yang merupakan produk pertanian negara lain masih banyak dikonsumsi Indonesia. Kondisi ini tentu membutuhkan andil semua pihak dalam meningkatkan produksi pertanian terutama padi, jagung, dan kedelai,” paparnya.

Pengurus DPD Pemuda Tani Provinsi Banten periode 2016-2021 dilantik di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, pada Selasa (29/11/2016) lalu.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related