Kapolri Diminta Batalkan Penunjukan Kombes Prabowo Sebagai Kapolda Banten

Date:

Banten Hits – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian membatalkan penunjukan Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

“Ya, surat permohonannya sudah kami sampaikan ke Kapolri kemarin, dan diterima oleh pak Boy Rafli Amar (Kadiv Humas Polri),” kata Ketua MUI Kota Serang Mahmudi, saat dihubungi, Selasa (11/10/2016)

Mahdmudi menjelaskan, permohohan para Ulama agar Sigit Prabowo tak menjabat sebagai Kapolda Banten lantaran ajudan Presiden Joko Widodo tersebut non-muslim.

“Kami minta agar Kapolri bisa menyesuaikan dengan kondisi wilayah. Banten ini kan sembilan puluh persennya orang Islam, pejabatnya ya harus orang Islam,” jelas Mahmudi.

Dia menjelaskan, permohonan tersebut bukan hanya berasal dari MUI Kota Serang, melainkan MUI dari delapan kabupaten/kota di Banten. Menurutnya, jika Kapolda Banten dipimpin oleh seorang non-muslim, maka akan menemukan kesulitan saat berkomunikasi dan sinergi dengan para tokoh ulama.

“Ulama itu kan masuknya ke masjid, pondok pesantren dan majelis talim. Kalau Kapolda atau pejabatnya non-muslim, saya rasa akan sulit.” imbuhnya.

Untuk diketahui, jelang Pilgub Banten, Mabes Polri mengganti jabatan Kapolda Banten yang diemban Brigjen Pol Ahmad Dofiri. Jabatan yang ditinggal oleh  Dofiri akan digantikan oleh Kombes Listyo Sigit Prabowo, yang sebelumnya merupakan Pamen Polri yang ditugaskan sebagai ajudan Jokowi.

Seperti dilansir detik.com, Rabu (5/910), selain jabatan Kapolda Banten, dalam Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/2434/X/2016 tertanggal Jumat (5/10/2016), Polri juga melakukan pergantian terhadap sejumlah Kapolda lain.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...