Pasca Banjir Bandang, Puluhan Rumah di Sukajadi Pandeglang Terancam Hanyut

Date:

Banten Hits – Warga di Kampung Pagedongan RT 05 RW 03, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang kini mengkhawatirkan kondisi rumah mereka yang terancam hanyut.

 

Selain merobohkan jembatan yang menjadi akses nelayan melaut, banjir bandang yang melanda wilayah tersebut juga menyebabkan daratan terendam air. 

BACA: Satu Keluarga Tewas Terjebak Longsor di Pandeglang

“Kira-kira tanah yang ambles panjangnya sekitar 50 meter dan lebar 30 meter, sekarang jadi muara di tepi pantai. Yang kami khawatirkan kalau air laut sedang pasang, bisa-bisa rumah warga pada hanyut,” tutur Sumiadi, Ketua RT setempat kepada Banten Hits, Rabu (27/7/2016)

Apalagi, jarak antara puluhuan rumah warga dengan laut sangat dekat, hanya beberapa meter saja. Untuk mengantisipasi hal itu terjadi, Sumiadi mengharapkan Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait segera merencanakan pembangunan tanggul di wilayah tersebut.

BACA: Polisi Selidiki Penyebab Banjir Bandang Pandeglang

Sumiadi mengungkapkan, banjir yang kali pertama melanda Kampung Pagedongan membuat warga trauma. Dirinya menerangkan saat banjir terjadi ketinggian mencapai satu meter membuat sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

BACA: Kerugian Banjir Bandang di Pandeglang Capai Puluhan Miliar

“Pas banjir warga mengungsi, kejadian sangat cepat. Pas hujan, paling setengah jam, didepan rumah udah kaya lautan. Ini banjir pertama kali selama 50 tahun saya tinggal di sini,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related