Intensitas Kendaraan Tinggi, Ruas Jalan Sampay – Muara Dua Dibenahi

Date:

 

Banten Hits – Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Bina Marga setempat tahun anggaran 2016 ini terus melakukan penataan, baik kualitas maupun kuantitas jalan raya Kabupaten, di antaranya dilaksanakan Dinas Bina Marga Lebak pada ruas jalan Sampai-Muara dua Kecamatan Cikulur sepanjang 1 kilo meter.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Marga Lebak Entoy Saepudin mengatakan, untuk ruas jalan Sampay-Muara Dua Cikulur. Sebelumnya, lebar jalan itu hanya berukuran 4 meter, akan tetapi mengingat pengguna jalan yang melintasinya terbilang padat, maka Pemkab Lebak berinisiatif untuk melebarkan ruas jalan Sampay-Muara Dua hingga 6 meter.

“Sebelumnya, lebar ruas jalan Sampai-Muara dua ini hanya 4 meter. Akan tetapi karena arus penggunanya terbilang padat, maka pemkab berinisiatif untuk menambah lebar jalan ini hingga 6 meter, ini sudah melebihi standart  lebar jalan Kabupaten yang hanya 5 meter,” katanya, kepada wartawan, Jumat (20/5/2016) di sela-sela aktifitas pekerjaan jalan Sampai-Muara dua.   

Menurutnya, untuk alokasi biaya pembangunan ruas jalan raya sampai-Muara dua Cikulur, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ll sebesar 1 miliar lebih. Selain itu, masih bersumber dari APBD Lebak anggaran senilai Rp 2 miliar lebih, digunakan untuk melakukan penyempurnaan alijmen vertikal pada setiap tanjakan ruas jalan Sampai-Muara dua, di mana  cor beton sepanjang 400 meter terpasang secara maksimal, sehingga tatkala terdapat tekanan bobot kendaraan, kondisi jalan tersebut tidak mudah rusak.

Ruas jalan raya Sampai-Muara dua Cikulur, merupakan jalan penghubung antara Lebak utara dengan wilayah Lebak selatan. Karenanya, dengan kondisi jalan yang semakin lebar, maka para pengguna jalan akan semakin nyaman, terlebih saat jelang Idul fitri tahun ini, dipastikan kepadatan lalulintas di jalan Sampai-Muara dua akan mengalami peningkatan.

“Saat kondisi lebar jalan ini hanya 4 meter, kami yakin ini sedikit mengganggu laju kendaraan, terlebih saat berpapasan antara kendaraan yang satu dengan lainnya. Insya Allah, kalau sudah diperlebar begini, kendala itu tak akan lagi terjadi,” ujarnya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related