Pemkot Tangerang Terus Bangun Puskemas Rawat Inap untuk Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat

Date:

Banten Hits – Pelayanan kesehatan yang baik, merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat di seluruh pelosok Nusantara. Bahkan pelayanan kesehatan sering kali dijadikan tolok ukur dalam keberhasilan pembanguanan di wilayah. Begitu juga dengan masyarakat Kota Tangerang. 

Menyadari pelayanan kesehatan menjadi kebutuhan setiap warganya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya dari waktu ke waktu untuk menghasilkan program –program yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan secara menyeluruh sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat.

Pelayanan pos kesehatan yang memadai, kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, harus berjenjang bukan hanya ada rumah sakit saja, melainkan juga pos kesehatan dari tingkat wilayah mulai dari posyandu, puskesmas hingga rumah sakit.

Di Kota Tangerang pada tahun 2015 jumlah rumah sakit ada sekitar 28 (Dua puluh delapan) rumah sakit, satu di antaranya adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang.

Sementara, jumlah puskesmas terdata 32 (Tiga puluh dua) puskesmas dengan 1 (satu) puskesmas rawat inap ditambah 6 (enam) Puskesmas Pembantu, serta posyandu yang mencapai 1.061 (Seribu enam puluh satu) yang tersebar hampir di setiap RW di Kota Tangerang.

Dalam rangka memberikan kemudahan akses dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Tangerang, Pemkot Tangerang kembali akan membangun Puskesmas rawat inap di empat lokasi lainnya yang tersebar di Kota Tangerang. Sebelumnya Pemkot Tangerang sejak tahun 2015 sudah memulai pembangunan puskesmas rawat inap di Kecamatan Larangan dan beroperasi tahun 2016 ini. 

“Dengan dibangunnya puskesmas rawat inap ini, target kami adalah mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat, sehingga penanganan dini kesehatan bisa dilakukan di tingkatan puskesmas untuk penyakit yang masih bisa ditangani sebelum dirujuk ke RSUD,” kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Untuk Puskesmas yang ada di Kecamatan Larangan yang sudah terbangun, diharapkan dapat melayani warga yang bukan hanya dari sekitar Kecamatan Larangan saja, akan tetapi juga dari Kecamatan Ciledug.

Sementara empat Puskesmas rawat inap yang direncanakan akan dibangun yakni di Kecamatan Cibodas, diharapkan dapat menjangkau warga di sekitar Kecamatan Jatiuwung dan Kecamatan Periuk. Kemudian di Kecamatan Neglasari untuk menjangkau wilayah Kecamatan Batuceper dan Kecamatan Benda.

Selanjutnya, puskesmas rawat inap di Kecamatan Karawaci diharapkan dapat menjangkau warga Kecamatan Tangerang yang sekaligus juga ada RSUD. Kemudian puskesmas rawat inap di Kecamatan Karang Tengah untuk menjangkau warga sekitar Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Pinang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Rostiwi mengatakan, nantinya dengan semakin banyak puskesmas rawat inap yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Tangerang, diharapkan dapat memberikan kemudahan pada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Pemerintah terus berupaya untuk memberikan layanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat, mulai dari mutu pelayanan kesehatan hingga infrastrukturnya. Dan pelayanan kesehatan di puskesmas ataupun RSUD juga gratis bagi warga Kota Tangerang,” pungkasnya. (ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related