id

Irna Berharap Budidaya Rumput Laut Terus Dikembangkan

By  Des 04, 2016 | 00:35
Bupati Pandeglang, Irna Narulita menunjukkan rumput laut hasil panen para kelompok masyarakat di Desa Cigorondong. (Banten Hits/ Saepulloh)

Banten Hits - Rumput laut menjadi salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Pandeglang. Dengan memiliki wilayah pantai terpanjang di Banten, budidaya rumput laut diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, pembinaan dan pendampingan terhadap masyarakat pembudidaya rumput laut harus dilakukan secara terus menerus.

"Harus ditunjang pula dengan teknologi yang canggih agar hasil olahannya lebih meningkat," kata Irna saat panen raya rumput laut, di Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Sabtu (4/12/2016).

Dari sembilan kelompok masyarakat pembudidaya rumput laut, panen kali ini mampu menghasilkan sebanyak 40 ton. Irna juga sempat mencicipi beberapa makanan dari bahan ikan laut yang sudah diolah, diantaranya bakso rumput laut, otak-otak ikan tenggiri, dan agar rumput laut.

"Saya minta masyarakat menjaga kelestarian dan kebersihan laut agar kualitas produksi olahan tetap terjaga. Budidaya rumput laut ini harus terus dikembangkan karena banyak sekali makanan hasil olahan yang bahan bakunya rumput laut," papar Irna.(Nda)

Saepulloh

Pria kelahiran Serang ini besar dalam gemblengan PMII. Semasa kuliah dulu, Aep--nama panggilannya--pernah menjabat Ketua Rayon PAI, Pengurus Komisariat PMII 2012, dan Pengurus Cabang PMII Pandeglang 2014. Dia memulai karir jurnalistik di Banten Hits.