Gurihnya Santap Ayam Kampung Goreng RM HJ Ciganea

Date:

Nyam…nyam…nyaaaammm….!!! Siapa yang tidak menyukai ayam goreng? Mulai dari usia anak hingga dewasa, pasti menyukai menu satu ini. Tinggal pilih, ingin menyantap jenis ayam negeri atau ayam kampung, keduanya memiliki rasa kelezatan yang tentunya berbeda.

Menurut Rohendi, salah seorang pelayan di Rumah Makan Hj.Ciganea, ayam goreng dari jenis ayam kampung lebih lezat dan gurih dilidah. “Kalau ayam kampung, dagingnya lebih gurih, tidak terlalu kenyal, dan tentunya sehat,” ujarnya.

Di rumah makan spesialis menu Sunda ini, usia ayam kampung di bawah tiga bulan dipilih untuk diolah. Ayam pertama dipilih yang segar, dipastikan kesehatannya. Karena, jelas Rohendi, ayam kampung yang masih hidup dan sehat, akan memengaruhi kualitas daging saat disantap.

Setelah disembelih dan dicuci bersih, potong bagian tubuh ayam beberapa bagian disesuaikan dengan selera. “Bisa dipotong empat atau enam bagian, tergantung selera,” ujar Rohendi.

Terpisah, didihkan air yang sudah dicampur bumbu penyedap ayam. Seperti kunyit, bawang putih dan merah, lengkuas dan sereh yang sudah dipipihkan, serta jahe. Campurkan juga garam secukupnya, sesuaikan dengan berapa banyak potongan ayam goreng yang akan diolah. Rebus atau ungkep potongan ayam, hingga air terserap habis dan bumbu menyerap hingga ketulang ayam.

“Kalau sudah menyerap seperti itu, mau digoreng biasa atau hingga garing pun bumbunya akan sangat terasa dilidah,” ungkap Rohendi. Memang, kunci dari pengolahan ayam goreng adalah bumbu yang dicampur saat pengungkepan.

Bahkan, Rohendi menyarankan, lebih baik membuat bumbu sendiri daripada membeli dipasar atau membeli bumbu ayam kemasan. “Seperti di Ciganea ini, selain bumbunya memang dibuat sendiri, cara menggorengnya pun tidak terlalu garing, sehingga, penikmat ayam goreng bisa menikmati gurihnya bumbu dan potongan daging ayamnya,” tutur Rohendi.

Warna ayam yang tidak terlalu garing cenderung berwarna emas. Sangat cantik, jika dibandingkan dengan ayam goreng yang dimasak terlalu lama sehingga warnanya cenderung coklat, bukan kuning keemasan. “Mudah kok buatnya, silahkan dicoba dirumah,” pungkas Rohendi. (Dini)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kehadiran Abaa Bakery Membuat Oleh-oleh Khas Kota Tangerang Lebih Warna-warni

Berita Tangerang - Bagi Anda penggemar makanan khas Tangerang,...

Mengenal Es Kembang Telang; Produk UMKM yang Kini Populer Jadi satu-satunya di Tangerang

Berita Tangerang - Es kembang telang mendadak ramai jadi...

Mencecap Kopi sambil Menikmati Suasana Khas Jawa di Kedai Kopi Taraka

Berita Tangerang - Suasana khas Jawa sangat kental terasa...

Buruan Merapat! Waroeng Steak and Shakes Buka Cabang di Jalan Ir. H. Juanda Ciputat, Persis Depan UIN

Berita Tangsel - Pionir restoran steak dengan harga terjangkau,...