Berita

Sachrudin : Pengunduran Diri Saya Tunggu Penetapan KPU

Written by Admine on . Posted in Berita

Banten Hits.com - Bakal  Calon Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, menegaskan bahwa hingga saat ini, statusnya masih sebagai Camat Kecamatan Pinang.

Kendati sudah mengajukan surat pengunduran diri, namun surat tersebut baru berlaku setelah ada penetapan nama calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang.

Merujuk pada Peraturan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) No 10 Tahun 2005 tentang Pegawai Negeri Sipil yang Menjadi Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, memang ditegaskan bahwa bagi PNS atau pejabat BUMN/BUMD yang mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah/wakil kepala daerah harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Namun, di dalam pasal 2 ayat 4 dinyatakan, bahwa pemberhentian dari jabatan negeri baru berlaku mulai tanggal di mana PNS tersebut ditetapkan oleh KPU sebagai calon kepala daerah/wakil kepala daerah.

Penegasan akan ketentuan itu juga sesuai dengan hasil konsultasi yang dilakukan Tim Advokasi H. Arief Wismansyah – H. Sachrudin, Sumardi, SH. MH ke Kementerian Dalam Negeri.

Dari hasil konsultasi tersebut dinyatakan,  bahwa surat pengunduran diri Sachrudin tidak bermasalah.

“Yang bicara soal itu adalah peraturan. Oleh sebab itu saya mengikuti aturan tersebut. Dan sampai saat ini KPU belum menetapkan nama-nama calonnya,” kata Sachrudin, kepada wartawan, Selasa (2/7).

Berdasarkan aturan itu, imbuh Sachrudin, maka tidak ada yang salah ketika dirinya masih berkantor sebagai Camat Kecamatan Pinang untuk menjalankan tugas sehari-hari. Sebab, hal itu sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undang yang ada.

Meski akan maju dalam Pilkada Kota Tangerang, namun Sachrudin menyatakan akan tetap fokus bekerja sesuai dengan tupoksi yang dimiliki. Hal ini sebagai bagian dari tanggung jawabnya dalam menjalankan tugas sehari-hari secara profesional.

“Insya Allah saya akan tetap bekerja dengan baik,” tegasnya.

Sebelumnya, seorang warga Cibodas bernama  Eddy Faisal  melaporkan Sachrudin ke Panwaslu Kota Tangerang. Eddy melaporkan Sachrudin karena dinilai sudah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Camat Pinang sehingga tidak berhak menjalankan tugas sehari-hari.

Apa yang dilakukan oleh Sachrudin sesungguhnya tidak berbeda dengan yang menimpa Walikota H. Wahidin Halim dan Sekda Harry Mulya Zein.

Keduanya juga sudah mengajukan pengunduran diri, namun hingga saat ini masih menjalankan tugas seperti biasa. Bahkan, untuk surat pengunduran diri Wahidin Halim sudah disetujui oleh DPRD Kota Tangerang dalam rapat paripurna sejak lama. (ADVERTORIAL)

Share