Berita

AMK-Gatot dan HMZ-Iskandar Bisa Berganti Pasangan

Written by Riani on .

Banten Hits.com- Pasangan HMZ-Iskandar dan AMK-Gatot yang dinyatakan KPUD Kota Tangerang sebagai dua pasangan yang tak cukup memiliki dukungan partai, bisa menggabungkan partai pendukung mereka masing-masing, lalu berganti pasangan. KPUD Kota Tangerang akan menerima pendaftaran pasangan baru itu, karena aturan terkait dengan pencalonan kepala daerah menyaratkan hal tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Ketua KPUD Kota Tangerang Syafril Elain, ketika menjawab pertanyaan Banten Hits.com, tentang keabsahan mencalonkan pasangan baru bagi dua pasangan yang sebelumnya sudah mendaftar ke KPUD Kota Tangerang, dan dinyatakan tak cukup memiliki dukungan partai.

Seluruh pernyataan Syafril Elain ini, disampaikan kepada Banten Hits.com lewat telefon genggam, Senin (17/6/2013).

“Posisi KPUD bukan dalam posisi menyarankan terkait dengan kurangnya dukungan dua balon yang kemarin mendaftar. Akan tetapi berdasarkan peraturan, diperbolehkan pasangan calon yang berniat untuk mengganti pasangan,” kata Safril.

Menurut Syafril, untuk pasangan calon yang akan berganti pasangan masih akan diberikan kesempatan hingga 29 Juni mendatang.

Terkait dengan  sudah ditutupnya pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota beberapa waktu lalu, Syafril mengatakan, bila terjadi adanya koalisi baru dari pasangan yang dinyatakan kurang memiliki dukungan partai, maka pihaknya akan tetep menerima, pasalnya para calon sudah mendaftar beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Harry Mulya Zein (HMZ) yang berpasangan dengan Iskandar dalam Pemilu Kada Kota Tangerang 2013-2018, harus memilih opsi berkoalisi dengan Ahmad Marzu Kodri (AMK) yang berpasangan dengan Gatot Suprijanto, atau sebaliknya, jika ingin keduanya meneruskan pencalonan. (Baca juga: HMZ dan AMK Harus Bersatu jika Ingin Maju)

Opsi tersebut muncul, setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang menyatakan, jumlah kursi dari partai pendukung untuk kedua pasangan ini dinyatakan kurang. Menurut Ketua KPUD Kota Tangerang Syafril Elain, dari hasil verifikasi yang dilakukan timnya terhadap pasangan AMK-Gatot yang menyatakan diusung oleh Partai Hanura dan 22 paratai non parlemen, ternyata setelah diverifikasi, 4 partai pendukung non parlemen tidak memberi dukungan kepada pasangan tersebut.

"Dari 4 partai non parlemen yaitu, PKDI, PPIB, PDP, dan PKPB diketahui tidak menandatangani surat dukungan terhadap pasangan calon tersebut. Dan ini jelas mengurangi suara pasang calon," Kata Syafril di Kantor KPUD Kota Tangerang, Minggu (16/6/2013).

Sementara, Kata Syafril, untuk pasangan HMZ-Iskandar yang menyatakan diusung oleh partai Gerindra, PPP, dan PKNU, ternyata untuk Partai Gerindra sudah terbit surat dari Dewan Pimpinan pusat (DPP) Partai Gerindra yang menyatakan bahwa Partai Gerindra mengusung pasangan Arif-Sachrudin.(Rus)

Share