id

Peringati HKSN dan HDI, Sachrudin Ingatkan Pentingnya Kesetiakawanan Sosial

By  Des 24, 2016 | 13:02
Foto: Humas Pemkot Tangerang

Kota Tangerang - Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, mengajak semua elemen masyarakat untuk terus memelihara kesetiakawanan sosial yang telah menjadi ruh bangsa.


Hal tersebut dikatakan Sachrudin, saat memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Kota Tangerang, yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, di Ruang Al-Amanah, Puspemkot Tangerang, Jumat (23/12).
 
"Sangat penting memupuk kesetiakawanan sosial dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Nyata dalam arti, benar-benar bertindak saling membantu. Dimulai dari diri kita, keluarga dan masyarakat harus ditanamkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang sudah jadi cerminan nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekatunggalikaan," kata Sachrudin.
 
Sachrudin mengatakan, sejarah perjuangan dan perjalanan bangsa Indonesia hingga kini membuktikan, kesetiakawanan yang ditunjukkan masyarakat mampu menjadi modal dalam menghadapi segala tantangan, dan mengatasi persoalan. Salah satunya, saat bencana menimpa suatu daerah.

"Masyarakat dari segala penjuru Indonesia berbondong-bondong membantu," ucapnya.
 
Meski begitu, ia mengingatkan, kesetiakawanan sosial tak hanya dilakukan saat terjadi musibah. Kesetiakawanan sosial harus dapat dirasakan dan diimplemntasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat senantiasa menjaga dan meningkatkan kesetiakawanan sosial dalam upaya memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kota Tangerang.     

“Bangsa dan kota yang maju diantaranya karena kesetiakawanan sosial yang diwujudkan melalui kepedulian, kerja sama dan gotong-royong," pesan Sachrudin.
  
Demikian halnya dengan HDI, kegiatan ini adalah apresiasi serta wujud nyata komitmen bersama dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap para penyandang disabilitas. Sekaligus, menjadi kampanye sosial agar masyarakat memahami disabilitas perlu mendapatkan kesetaraan hak.
 
"Mereka (penyandang disabilitas) juga berhak mendapatkan kelayakan pelayanan, perhatian, perlindungan dalam berbagai sektor, seperti kesehatan, pendidikan, hubungan sosial,” tegasnya.
 
Sachrdin sangat mengapresiasi atas perhatian dan kepedulian yang terus dibangun oleh satuan kerja di lingkup Pemkot Tangerang yang turut memenuhi kebutuhan masyarakat melalui program-program yang dibuat, serta para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), karang taruna, serta para penggiat sosial yang ada di tiap kecamatan.
 
“Pemkot Tangerang akan terus berupaya memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan terus berupaya membuat program yang ditujukan semata-mata untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Sachrudin memberikan hadiah lomba dalam rangka memperingati HKSN yang diadakan oleh Dinsos Kota Tangerang yang diikuti TKSK, karang taruna, dan penggiat sosial.(Humas Pemkot Tangerang)