id

Pemkot Tangerang Terus Kembangkan Tangerang Smart City

By  Mei 06, 2017 | 19:24
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah saat menjadi pembicara seminar teknologi informasi di STIMIK Raharja. (Dok. Humas Pemkot Tangerang)

Tangerang - Di era saat ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan tak lain untuk memberikan manfaat, terutama memberikan kemudahan kepada manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Mewujudkan Kota Tangerang sebagai smart city atau 'kota pintar', Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada publik. Melihat pesatnya perkembangan TIK yang luar biasa, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengajak masyarakat khususnya para civitas akademika di Kota Tangerang tak hanya sekedar menjadi penonton.

Namun, bagaimana menjadi inovator dan agen-agen yang dapat memberikan terobosan serta manfaat pada lingkungan khususnya untuk masyarakat dan pembangunan di Kota Tangerang. Apalagi, tidak bisa dipungkiri setiap pembangunan yang dilakukan sangat membutuhkan dukungan dan peran aktif masyarakat. Salah satunya dalam pemanfaatan teknologi.

Berbagai aplikasi yang mengintegrasikan data dan informasi antar Organisasi Perangkat Daerah dan kebutuhan untuk melayani masyarakat seperti aplikasi Tangerang LIVE, Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK), Sistem Informasi Petugas Lapangan telah menjadi rekan kerja yang turut membantu di setiap pelaksanaannya.

Penerapan smart city juga terus dioptimalkan Pemkot Tangerang. Pada tahun ini merupakan tahapan Smart City 2.0 yang terdiri dari dua bidang pemerintahan dan pelayanan publik. Pada tahun sebelumnya, Smart City 1.0 yakni integrasi pelayanan internal, di mana aplikasi-aplikasi yang sudah ada dan dimiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti perizinan online dan sebagainya diintegrasikan. Untuk rangka mendukung Smart City 2.0, Pemkot Tangerang telah mempersiapkannya dengan membagi dua bidang Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru, diantaranya bidang pemerintahan dan pelayanan publik.

Ke depan, Pemkot Tangerang mengembangkan Tangerang Smart City 3.0 berbasis Geospasial atau Geographic Information System yang infrastrukturnya mulai dipersiapkan pada tahun 2017 ini.

"Mudah-mudahan, dengan tahapan-tahapan ini, pelayanan yang diberikan Pemkot Tangerang kepada warganya semakin baik dan mudah," terang Arief.

Dengan Tangerang Smart City versi 3.0 tersebut nantinya dapat men-tracking atau melacak setiap kebutuhan maupun kondisi yang ada di lingkungan masyarakat. Salah satunya saat akan membangun jalan lingkungan, bisa diukur berapa kebutuhan bahan materialnya. Dengan pelacakan dan pengukuran yang dilakukan aplikasi teknologi ini material yang dibawa ke lokasi pembangunan sudah sesuai kebutuhan.(ADVERTORIAL)

Ananda Deni

Memutuskan pilihan hidup sebagai jurnalis setelah masa-masa kuliahnya dulu dihabiskan dalam dunia pergerakan kampus. Pernah aktif di sejumlah organisasi kemahasiswaan dan bergabung dengan situs berita Banten Hits pada 2013.