id

Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga, 166 Sumur Air Dalam Dibangun DBMSDA Tangerang

By  Des 30, 2016 | 16:29
Dok. DBMSDA Kota Tangerang

Tangerang - Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting demi keberlangsungan hidup manusia. Tak bisa dipungkiri, tingginya ketergantungan makhluk hidup terhadap sumber daya air yang bermutu ini.

Sebagai wilayah yang terus berusaha mewujudkan kota layak huni bagi masyarakatnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyadari betapa pentingnya ketersediaan air bersih di tengah-tengah masyarakat. Selain menggenjot kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam memenuhi kebutuhan air, Pemkot Tangerang melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) membangun sumur air dalam. Sumur air dalam dibangun guna menyasar masyarakat yang belum menerima air bersih.

"Sumur air dalam mempunyai kedalaman pompa setinggi 140 meter dibawah permukaan tanah," kata Dida Rusdiana, Kepala Bidang Air Minum dan Air Tanah DBMSDA Kota Tangerang.

Dida mengatakan, satu sumur air dalam mampu melayani 80-100 Kepala Keluarga (KK). Hingga tahun 2016, sudah 143 sumur air dalam yang dibangun dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Dan untuk ABT, ada 23 unit yang kita bangun. Paling banyak yang mengajukan adalah masyarakat di Kecamatan Priuk dan Jatiuwung," ujarnya.

Tak hanya menyediakan sumur, agar memudahkan warga menerima air bersih, DBMSDA menyiapkan paket perpipaan untuk menyalurkan air dari sumur ke rumah-rumah warga.

"Kebanyakan warga kan sudah tidak mau ambil air dengan mengangkut pakai ember, untuk itu kita fasilitasi dengan menggunakan paket perpipaan yang menggunakan pipa HDPE sepanjang 100 meter. Selama ini kan masih menggunakan PVC yang panjangnya hanya mencapai 7 meter," paparnya.

Dengan pipa HDPE akan mengurangi risiko kebocoran pada pipa dikarenakan berbeda dengan PVC yang membutuhkan banyak sambungan untuk sampai ke rumah warga.

"Tidak banyak sambungan, dan pipa ditanam di dalam tanah agar tidak mengganggu aktivitas warga. Pipa ini standard PDAM," terang Dida.

Tak sulit bagi masyarakat yang di lingungannya ingin dibangun sumur tersebut. Cukup melampirkan proposal pengajuan pembuatan kepada DBMSDA, surat ketersediaan lahan dan surat keterangan hibah tanah.

"Kalau semua syarat terpenuhi sudah bisa kita bangun sumurnya. Kita berharap, dengan pembangunan sumur ini, masyarakat Kota Tangerang terpenuhi kebutuhan air bersihnya sehingga kualitas hidup semakin baik," harapnya.(ADVERTORIAL)

Maya Aulia A

Perempuan supel kelahiran Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang ini memiliki talenta mengajar sesuai bidang kuliahnya di Universitas Negeri Jakarta. Bergabung di Banten Hits adalah karir perdananya di bidang jurnalistik.

Ayoo Berlangganan Berita Kami